Kamis, 12 Maret 2009

Prasurvei????!!!!! (Part 2)

Akhirnya… Kesampaian juga posting part 2 dari Prasurvei gw ini… Alhamdulillah…

Jadi… Setelah terpesona dengan orang2 yg sangat lancar berbahasa jawa, waktu istirahat tiba!!! Jam 12 siang…. Hoho… Waktunya makan… Gw udah siapin bekal dari rumah, tapi ternyata….

“Ganis, ayo makan bareng…” salah satu pegawai di sana ngajak gw makan bareng… Ternyata di sana kalo makan siang tuh dimasakin (ada semacam tukang masaknya)… Aduh… Jadi maluuuuuuuu bgt…..

Udah ngerepotin terus dari pagi, sekarang malah ngurangin jatah makan pegawai sana… Pingin nolak n bilang kalo bawa bekal sendiri kok rasanya gk sopan ya???

Nolak taawaran makan tu kayaknya gimana gitu…. Haduh…. Bener2 malu hati…

Tapi ya sudahlah… Makan juga…


Begitu liat apa yg harus gw makan… TWEWWWWWW!!!!! Telur!!!! Lemes deh gw…

Gw kan gk doyan telur, mana telur yg di sambel goreng tu utuh lagi… Busyet dah…

Tapi, apapun itu, rejeki tuh harus disyukuri… Alhamdulillah gw masih bisa makan, pake telur lagi… He…


Selesai makan, gw sholat… Yah, semua fasilitas yg tersedia di sana emang serba minim… Tempat sholatnya pun seadanya… Ah, gk apa2, yg penting bisa sholat…


Setelah sholat, gw ditanya ma pegawai di sana “Mau ke mana lagi?”

Gw jawab aja “Mau ke rumahnya Bu W lagi, mungkin udah pulang ngelayat”

Trus gw ditawarin dianter pake motor, tapi karena waktu pertama gw ke rumah Bu W naik motor dan kayaknya deket, gw bilang aja gw mau jalan… Awalnya mereka (Pegawai2 tu) bilang “Bener nih?? Gk mau dianter???

“Gk apa2 kok pak, Ganis mau jalan aja”


Akhirnya gw berjalan dengan PD-nya… Ah deket ini… Tapi setelah jalan beberapa saat, loh… Jauh juga ya??? He… Dasar… Sok2an gk mau dianter gini deh… Gara2 sok gk mau ngerepotin org… Cape juga yah???


Nyampe juga akhirnya di rumah Bu W, gw ketuk pintu rumahnya… Hwe?? Yg keluar Ibu ‘Bahasa Jawa’ yg gw temuin pertama kali!!! Hoho… Untungnya dia udah maklum kalo gw gk ngerti bahasa jawa… Jadi dia ngomong pake bahasa Indonesia… “Bu W-nya ke Pringsewu loh dek…”


Yah… Lemes deh gw… Pulangnya malem tu org… Balik lagi deh ke kantor… Dijalan gw bener2 excited ngeliat wilayah Adiluwih ini… Sepi!!! Hoho… Gk ada kendaraan lewat… Gk ada anak2 kecil main2… Ampun… Lama2 aja gw di sana, bisa KERITING!!!!


Nyampe kantor, gw dah bertekad mau pulang aja… Cukup sudah penderitaan gw di negeri antah berantah dengan penduduk yg bicara dengan bahasa planet itu… He… Maaf ni, bukan maksud gw menghina, tapi gw bener2 hampir hilang akal gara2 gk ngerti bahasa Jawa…


Tapi,gw mikir lagi, mau pulangnya gimana ya??? Sms om gw deh… “Om, pulangnya gimana?”

Om gw bales “Bareng Pak S aja, nanti om tunggu di kantor”

Busyet… Itu artinya gw harus nunggu sampe jam pulang kan??? Jam setengah 5 sore???

HWE!!!!!! Ah… Pasrah aja deh… gw ni ada di dunia antah berantah… Kalo nekat pulang sendiri… Hiii… Bisa nyasar kemana2 gw…


Iseng2 gw nanya ke pegawai kantor, “Pak, disini emang gk ada angkot atau ojek ya kalo mau ke Pringsewu?”

“Oh, emang gk ada… Di sini gk ada angkot kecuali hari pasaran.. Kalo mau ke pringsewu ya paling nebeng kalo kebetulan ada yg mau ke pringsewu…”


Busyet… bener2 terdampar gw di negeri antah berantah ini… Huuufff… Gk ada pilihan lain kecuali nunggu Pak S pulang…


Eh, ternyata gw ditawari buat ngunjungin rumah salah satu petani sukses di sana “Daripada gk ad kerjaan” kata pegawai2 di sana, kebetulan juga kantornya lagi sepi…

Gw Tanya aja letaknya dimana… Mereka bilang “Oh, deket kok, dibelakang sini… Deket P***”

Wah, bisa bernafas lega gw… Kalo gitu, gw bisa pulang sendiri, cukup dianter aja, gk perlu ditungguin mpe selesai… Naik motor, Let’s GO!!!!!


Yupz… Belok kanan, lurus, turunan, tanjakan, lurus, lurus, lurus, belok kanan, lurus, lurus, lurus, LURUS????? (Ko gk nyampe2???), belok kiri., lurus…. Aduduh…

Au deh berapa kali belok n berapa lama lurusnya… Pokoknya, kesimpulan gw adalah, DEKET DARI SEBELAH MANA C??? JAUH TAU!!!! Hiks… T_T…


Nyampe juga, dengan perasaan hampa gr2 gw yakin gk bakal bisa pulang jalan kaki ke kantor… Eh, Pak A yg di cari gk ada, lagi pergi…. Lemes….


Yaudah, nunggu aja, karena katanya gk lama lagi Pak A pulang… Sambil nunggu, gw dengerin aja orang2 yg lagi pada ngobrol pake bahasa jawa… Gw bisa ngerti ko beberapa kata, seperti ‘opo’, ‘iki’, ‘wes’… Hoho.. Keren kan gw!!! Meskipun gw bingung tuh ngedenger kata ‘seket’ yg baru kemudian gw tau kalo artinya 50… He…


Bapak dari kantor yg nganterin gw asik2 aja ngbrol tuh, sambil ketawa2 lagi… Gw cuma bisa senyum2 aja, takut gk sopan kalo gk bereaksi, meskipun gw gk tau apa yg mereka ketawain… He…


Eh, tau2 gw ditanya “Emang kamu ngerti apa yg diomongin?? Senyum2 gitu??”

Yah… Ampun deh… Ditanya lagi… Jelas dong… “Gk ngerti, Pak” (nyengir)

Diketawain deh gw… Ampun… Trus gw ditanya lagi, “kamu suku apa c?”

“Sunda, Pak”

“Bisa ngomong bahasa sunda?”

“Gk bisa, pak (sambil nunduk, malu…) tapi saya ngerti kok (pembelaan diri…), kalo bahasa jawa saya emang bener2 gk ngerti…(dengan muka merah nahan malu..)”

Abis deh gw diketawain…


Haduh… Setelah nunggu sekitar setengah jam, Pak A datang, ngobrol2 deh (Kali ini gw beruntung!! Pak A ngomong dalam bhs Indonesia!!!)… Setelah selesai, gw balik lagi deh ke kantor…


Sholat Ashar… Gk sabar nunggu waktu pulang… Gk sabar pingin kembali ke ‘habitat asli’… He…

Jam 4.20… “Ayo,pulang…” kata Pak S… Wuih… Gk kebayang tuh, gw udah kayak dapet durian rontok!!! Akhirnya gw pulang… Berharap perjalanan pulang bakal lebih singkat karena sudah pernah gw lalui sebelumnya… GK taunya… SAMA AJA!!!! JAUHHH!!!!


Akhirnya… Gw nyampe rumah… Baiti Jannati… Hoho… Tapi ko ada yg kurang ya??? Gw masih stress… AdiluwihLag… Hoho… Akhirnya gw memutuskan ngenet ba’da magrib… Gile… Ngenet malem2… Eh, Draco kebetulan lagi online, chatting deh ma dy, kebongkar juga, ternyata dy punya masalah yg mirip dg gw waktu dy KKN, gk bisa ngomong jawa… Tapi dy beruntung masih ngerti,, tapi gw juga ngerti, dy pasti malu, org jawa ko gk bisa ngomong jawa… Hehe…


Selesai juga cerita ttg pengalaman Prasurvey ini… Haduh… Seru juga.. Pengalaman baru… Ilmu baru… He… Gw berharap saat gw bener2 penelitian di sana, gw bisa lebih baik lagi… Amiiinnn…

1 komentar:

  1. ck ck ck... gak bener ini.. malu ko bawa2 nama orang..

    biar bisa sama dengan lo yang orang Sunda tapi gak bisa ngomong Sunda yahh..

    BalasHapus