Rabu, 13 Mei 2009

Mapres??? Eugh.... (Part 2)

Uuuukkkhhhh!!!! Ditolak mentah2 ketua jurusan!! Terus didorong untuk maju, padahal nyaris sampai limit gk sanggup… Akhirnya gw keluar ruang kajur dengan lunglai, pingin nangis rasanya… Ekh, lab agribisnis tutup, gk bisa ngetik di sana… Iseng2 gw ngelirik ke arah perpustakaan,AAHHH!!! Gw melihat A****, adek tingkat gw yg harusnya ikut mapres, tapi gara2 dy gk bisa, gw yg kena getahnya!!! Gw datengin ja anak satu ini… Grrr…

Pingin marah rasanya!!! Tapi gw inget, dy gk salah sepenuhnya… Tapi kenapa gw yg jadi sasaran?????!!!!

Dengan nada sedikit kesal, campur bingung, campur takut, campur marah, pokoknya campur2 ky gado2 deh… Gw bilang ke A klo gw pingin mundur, gw gk sanggup ikut mapres!!! Dy ngebujuk gw, ngeliatin ke gw gimana aja persyaratn mapres itu (soalnya form dan tata caranya semua ada di dy) TWEWWWW!!!! Gw shock setengah mati begitu baca format penulisan makalah yg harus gw bwt!! Harus ada abstrak dalam bahasa inggris, makalah dibuat sebanyak 20-30 lembar,dll,dll…. Tidaaaaakkkk!!!! Eugh!! Kalo translate dari inggris ke Indonesia, gw masih bisa agak santai… tapi ini??? Abstrak dalam bhs inggris??? Kapan gw mw selesai bwt makalahnya???

Huff, di sini ini diuji bgt kesabaran gw, dan org2 bisa liat betapa gw ini seorang pengeluh… Tapi peduli amat!!! Mana bisa kerja dalam 2,5 jam utk bwt makalah min 20 lembar + abstraknya dlm bhs inggris!!! Rasanya gw bener2 kesel mpe pingin nendang sesuatu atau membenturkan kepala gw ke dinding!!! Arrrgggghhhh!!!!

Setelah obrolan singkat dan beberapa nasihat dari seorg ka2 tingkat, gw hampir mantap utk mundur dari mapres!!! Sedangkan A sibuk ketakutan karena dy yakin Pak H akan benar2 berang dengan tingkah lakunya… Huuff, tapi ternyata gw bener2 belum bisa tenang… Gw akhirnya sms anggun “Di mana? Gw butuh pendapat, gw mw mundur dari mapres” dan gk lama anggun balas sms gw “Bentar lagi ke N”

Anggun datang, gw Cuma bisa cengar-cengir gk karuan… Setelah ngobrol gk karuan,gw ngasih tau anggun kalo sebenrnya gw ini dilema… Gw ngerasa gw gk sanggup, gw takut mempermalukan jurusan kalo makalah gw jelek, takut membuat malu diri gw sendiri juga, tapi gw gk bisa begitu saja melepaskan kesempatan ini.. Seperti yg dibilang Pak H “Kesempatan ini gk datang 2 x”… Sebagai seorang koleris, gw gk bisa membiarkan kesempatan emas dan peluang menjadi seorang mahasiswa berprestasi yg nantinya bisa jadi pertimbangan yang bisa membuat gw jadi lulusan terbaik saat wisuda. Tidak mungkin gw lepas peluang ini!!! Tapi gw tw betul kemampuan gw, gw tw betul batas gw… Gw pingin nangis saat itu, tapi lagi2 gw gk bisa menangis di depan org lain, menurut gw itu seperti memperlihatkan kelemahan gw! Gk mw gw klo mpe org2 tau, Rengganis menangis hanya karena masalah sepele spt mapres!! Bisa hancur harkat dan “martabak” gw!! Hehe, susahnya jadi seorg koleris melankolis…

Anggun akhirnya berkomentar klo dy tau gw sbnrnya bukan Cuma takut ngomong ke Pak H klo gw mw mundur, tapi gw gk mw melepas peluang jadi mapres!! Karena gw adalah sorg koleris yg sangat kuat!!! Saat sesuatu sudah di genggaman gw, gw gk akan sudi melepasnya demi apapun!!! “Itulah sebabnya aku gk blg ke kamu supaya mundur dari awal, karena aku tau, kamu sebenernya gk rela untuk mundur. Tapi kamu harus liat dan sadar dengan kemampuan kamu sendiri. Kalo kamu memang gk sanggup, jangan paksa diri kamu” bgtulah qr2 pendapat anggun, dan gw Cuma bisa berkata “Seandainya gw seorg plegmatis, sudah sejak awal gw menolak ini, sesuatu yg menyulitkan gw gk akan gw mw repot2 utk mengambilnya”… Tapi semua org juga tau, Rengganis adl seorang koleris yg benar2 kuat, sampai2 dirinya sendiri kerepotan menahan semua keburukan2 koleris…

Akhirnya dengan sekuat tenaga, gw berhasil mengumpulkan keberanian untuk mendatangi Pak H dan menyatakan klo gw mw mundur! SEMANGAT!!!

Hahaha… Ternyata harapan tak seindah kenyataan… Gw mati kutu dengan semua kata2 Pak H, dy ternyata lebih koleris dari gw… Dengan segala daya upaya dy meyakinkan gw (sbnrnya ini pemaksaan yg sgt halus, mnrut gw) klo gw mampu ikut mapres… Dy kasih waktu sampai besok pagi, jam 9 pagi gw harus stand by di gdung A pertanian, lengkap dengan semua atribut calon mapres: Baju rapih, jas almamater, makalah yg sudah diperbanyak 9 rangkap, & power point utk presentasi…

Dengan lunglai gw keluar ruangan Pak H, melihat anggun yg masih setia nunggu gw.. Dan tersenyum pahit ke dy sambil blg “Gk bisa, gk ada jln lain, gw harus ikut..” Dan anggun gk banyak berkomentar… Gw pulang, dengan setumpuk agenda: ke warnet cari bahan, ngetik makalah, bwt power point, & belajar…

Sampai warnet jam 5 sore, cari bahan sampe jam 6, pulang ke rumah, istirahat sebentar, langsung ke tempat om gw, numpang ngetik, karena kompi gw lagi rusak dan gk bisa ngeprint… Bwt makalah+ power point mpe jam setengah 12 malem, belajar ttg semua yg gw perluin, memperdalam makalah gw mpe jam stgh 1, dan gk bisa tidur sampe jam 1… Tertidur, dengan mimpi yg penuh dengan kata2 KREDIT PERTANIAN… Uukh, makalah yg gw buat berjudul “kredit pertanian, satu solusi-satu centimeter senyum utk petani”… Haha.. Jadi bisa dibayangin betapa gk nyenyak tidur gw, diganggu mimpi ttg makalh yg gw buat…

Pagi harinya, gw ambil no undian dan dpt urutan ke-4… Dag-dig-dug, DUERRR!!! Rasanya jantung gw ini bolak-balik, naik turun ke perut gw… Ukkkhhh…. Giliran gw tiba, dengan gaya sorg koleris, gw presentasi dg rasa pcya diri yg sdah gw isi ‘full tank’ hehe… Sesi Tanya jawab dlm bhs inggris… Wuih gk kebayang groginya gw, dgn kemampuan bhs inggris yg di bwh standar, dan pengalaman pertama berbicara dlm bhs inggris di dpn org lain… Gw mpe lupa bhs inggrisnya pemasaran!!! Ampun deh, bnr2 buat malu!!! Mahasiswi sosial ekonomi pertanian yg sudah terbiasa berkutat dengan pemasaran, lupa bhs inggrisnya pemasaran!!! Dan gw baru inget setelah gw keluar dari ruang presentasi… Wakakakak!!! Pingin rasanya gw nampar muka gw ini sejadi2nya… dasar bego!!!!

Tapi semua pengorbanan gw gk sia2, semua tekad gw sbg koleris klo gw harus menang!!! Minimal terbaik 2 fakultas, ternyata bisa tercapai!!! Alhamdulillah… Kata Pak H, gw kalah Cuma gr2 IPK gw di bwh terbaik 1, dy 3,8 dan gw Cuma 3,68 hahaha… padahal tinggal dihilangin aja tu angka 6, dan gw bisa jadi terbaik 1!! Dan juga klo dari gya presentasi dan bobot makalah, gw yg menang!!! Tapi semua ini jadi pelajaran berharga bwt gw!!! Belajar bhs inggris, Non!!! Jgn mpe malu2in lagi… hak
hakhak!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar